Memperbesar Kemungkinan untuk Lulus MEDEX di Sekolah Pilot

Untuk masuk ke sekolah pilot baik itu swasta atau negeri, semua calon peserta didik diharuskan untuk melewati serangkaian tes yang diadakan oleh pihak sekolah. Tujuan melakukan tes ini adalah untuk menyaring jumlah peserta tes sehingga didapatkan siswa/i yang memang layak untuk mengikuti program pembelajaran dan pelatihan selama belasan bulan di sekolah penerbangan. Adapun salah satu tes yang harus diikuti oleh calon kadet adalah MEDEX atau medical examination (tes kesehatan). Ketika mengikuti ujian ini, akan ada ratusan peserta yang gugur dengan berbagai alasan. Ada yang mengalami gangguan jantung, kurang tinggi badan, matanya minus parah, dan lain sebagainya.

Anyway, apabila Anda ingin menjadi kadet di sekolah penerbangan dan lulus medical examination, pastikan untuk melakukan hal-hal di bawah ini agar kemungkinan untuk lulus dapat terbuka lebar:

medex-pilot

Rajin berolahraga

Mengapa? Dalam MEDEX, hampir seluruh kesehatan bagian tubuh Anda dicek. Nah, jika Anda tak rajin berolahraga, besar kemungkinan ada banyak bagian tubuh yang mengalami gangguan kesehatan dan juga kondisi fisik yang tidak fit apabila harus menjalani latihan fisik. Dengan demikian, kesempatan untuk lolos dari tes ini akan terbilang sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Di sisi lain, apabila Anda rajin berolahraga, Anda akan mendapatkan banyak manfaat selain kondisi tubuh yang fit, seperti postur tubuh dan berat badan yang ideal dan pikiran yang sehat. Kondisi jantung Anda juga akan jauh lebih baik karena sudah terbiasa berolahraga dan tentu saja ketika Anda disuruh untuk lari, push up, sit up, dan pull up, Anda sudah siap melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Tambahan tips untuk Anda, pastikan untuk rajin minum susu dan istirahat yang cukup apabila Anda rutin berolahraga. Tujuan adalah untuk mencegah tubuh drop dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Lakukan perawatan dan pengobatan yang dibutuhkan

Mata, telinga, gigi, kulit, dan organ dalam tubuh akan diperiksa kondisinya oleh tim medis yang sudah ditunjuk oleh pihak sekolah penerbangan. Mereka akan memastikan bahwa mata Anda dapat melihat dengan jelas, telinga dapat mendengar dengan baik, gigi lengkap dan bagus, jantung dan paru-paru berfungsi dengan baik, dan lain sebagainya. Apabila ada salah satu bagian tubuh atau organ tubuh yang mengalami gangguan kesehatan, paling tidak dua bulan sebelum melakukan tes, Anda harus melakukan perawatan dan pengobatan terlebih dahulu agar kekurangan tersebut dapat ditutupi atau diatasi. Sebagai contoh, apabila gigi Anda banyak berlubang, silahkan ditambal atau gunakan gigi palsu atau jika Anda mengalami kapalan, panu, kadas, atau kurap, segera obati ke dokter kulit atau gunakan obat-obatan untuk menghilangkan masalah-masalah tersebut.

Jaga kesehatan

Ada banyak kadet yang sudah siap fisik maupun mental tapi sebelum melaksanakan MEDEX, tubuh mereka drop dan akhirnya menjadi tidak fit ketika tes. Hal ini tentu membawa dampak buruk pada hasil tes nantinya dan ada kemungkinan bahwa mereka tidak akan lulus. Untuk menghindari hal ini, disarankan untuk menjaga kesehatan semaksimal mungkin guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau hal-hal yang dapat mengagalkan kesempatan Anda untuk lulus tes kesehatan di sekolah pilot. Caranya? Istirahat yang cukup, hindari begadang, konsumsi makanan dan minuman sehat, berpikir positif, dan tenangkan pikiran. Apabila Anda suka keluar rumah, hindari hal ini jika tidak ada keperluan penting. Mungkin terdengar aneh tapi masalah bisa saja datang tanpa terduga ketika berada di luar rumah. Di dalam rumah pun harus tetap berhati-hati agar kondisi fisik dan mental Anda tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *