Peluang Masuk Sekolah Pilot Masih Ada jika Mengalami Masalah Berikut

Masuk sekolah pilotSekolah pilot, salah satu sekolah dengan biaya mahal lebih kurang IDR 500 – 800 juta. Hal ini pada dasarnya dipengaruhi oleh 2 faktor berikut: fasilitas yang dibeli dengan biaya mahal (pesawat untuk latihan terbang dan simulator untuk praktek penerbangan) serta gaji instruktur penerbangan yang tidak sedikit terlebih jika sudah sangat berpengalaman (punya jam terbang tinggi).

Selain karena alasan mahalnya biaya sekolah pilot, berbagai masalah yang dihadapi pun membuat nyali sebagian orang menciut untuk masuk sekolah pilot. Masalah biaya, kamu bisa cari subdisi dari pemerintah di sekolah pilot negeri, dapatkan beasiswa, atau manfaatkan pinjaman yang ditawarkan oleh sekolah pilot. Soal masalah yang dihadapi, sebetulnya masih punya peluang jika kamu menghadapi masalah berikut:

Skill bahasa Inggris kurang         

Salah satu syarat untuk bisa masuk sekolah pilot adalah skill bahasa Inggris yang memadai. Tidak lain karena ketika jadi pilot skill bahasa Inggris punya pengaruh penting. Pertama, buku panduan & instruktur penerbangan umumnya menggunakan bahasa Inggris. Kedua, seorang pilot akan melakukan komunikasi dengan ATC (Air Traffic Controller) mulai dari take off hingga landing guna mencegah tabrakan di udara, mengatasi masalah yang dihadapi di udara, atau lainnya sehingga tercapai tujuan keselamatan penerbangan.

Komunikasi ini dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Kendatipun demikian, minimnya skill bahasa Inggris yang dimiliki jangan buat kamu takut masuk sekolah pilot. Kalau kamu belajar dengan giat, kamu bisa meningkatkan skill bahasa Inggris. Di samping itu, ada sekolah pilot yang menawarkan program English Preparatory di mana diberikan secara cuma-cuma saat menjadi siswa sekolah pilot guna kelancaran bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Mata rabun bukan buta warna  

Mata sehat harus dimiliki seorang pilot. Kalau tidak, keselamatan penerbangan bakal terancam. Makanya, sekolah pilot mensyaratkan calon siswa harus memiliki mata yang sehat. Apakah ini berarti penderita mata rabun tidak punya peluang masuk sekolah pilot? Penderita mata rabun masih memiliki peluang masuk sekolah pilot. Tidak seperti mata rabun yang tidak memiliki peluang sama sekali untuk masuk sekolah pilot.

Mata rabun masih bisa diatasi dengan melakukan operasi LASIK (Laser Assisted in Situ Keratomileusis), operasi untuk membentuk kelengkungan kornea. Operasi ini bisa menelan biaya mulai dari IDR 15 juta untuk satu mata. Untuk buta warna, sejatinya sulit disembuhkan apalagi jika diturunkan oleh anggota keluarga. Dalam beberapa kasus, buta warna juga disebabkan oleh penyakit diabetes, glaucoma, katarak, cidera pada mata, dan efek samping obat.

Gigi berlubang & tidak rata

Benar adanya kalau salah satu syarat yang diajukan oleh sekolah pilot untuk calon siswa adalah memiliki gigi yang tidak berlubang & rapi. Punya gigi berlubang & tidak rata? Jangan takut untuk mendaftarkan diri ke sekolah pilot karena kamu masih punya peluang. Dengan catatan, perbaiki dahulu gigi berlubang & tidak rata Anda. Untuk gigi berlubang bisa dengan melakukan penambalan atau pencabutan yang kemudian diganti dengan implant gigi, bridge, atau lainnya.

Untuk gigi yang tidak rata, salah satu solusinya adalah dengan memakai kawat gigi bahan metal, keramik, atau lepasan. Jika tidak, bisa ratakan gigi dengan invisalign untuk kasus ringan. Atau bisa juga coba veneer gigi. Jangan jadikan semua masalah menjadi bumerang untuk masuk sekolah pilot. Jauh lebih baik jika mencari solusinya terlebih dahulu sebelum “angkat topi”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *